Banyak yang terlupakan dari komunitas saat membuat event / kajian yaitu membuat trailer event. Dalam observasi kami, komunitas saat membuat event hanya fokus menjadikan event tersebut terpublikasi. Sebagai contoh, mempublikasi poster event sehari sebelum event tersebut berlangsung, kondisi seperti ini mengakibatkan jarangnya peserta / jamaah yang daftar, terkecuali jika menghadirkan pembicaranya terkenal dan eksposure komunikasinya sering.
Selain itu komunitas juga menyebarkan poster ke group komunitas lainnya yang berharap jamaah pada bisa melihat poster event ini. Hal ini terkesan serba dadakan dan seadanya, tetapi menginginkan banyak peserta mendaftar dan hadir. Pemahaman ini yang harus diluruskan dan pola-pola sepert ini harus ditinggalkan, karena jika tidak dirubah, maka dakwah pun hanya sebatas orang yang dikenal saja, tidak menyebar dan meluas.
Oleh karena itu ada beberapa solusi untuk menciptakan pertumbuhan pendaftar disetiap harinya, yaitu dengan cara membuat trailer event. Trailer event bisa dibuat sekreatif mungkin untuk menarik pendaftar. Trailer bisa dalam bentuk;
1. Video
Gunakan trailer dalam format video dengan durasi 1 menit untuk di post di instagram/facebook atau full durasi yang di post di youtube. Buat trailer yang membuat orang penasaran dengan event tersebut, seperti contoh dibawah ini.
2. Gambar
Jika terkendala membuat trailer dalam format video, maka bisa digunakan cara kedua yaitu trailer menggunakan gambar. Trailer gambar bisa sebagai:
Poster dibawah ini mengenai spotlight yang akan dibahas dalam event. Judul disertai dengan bodycopy sehingga bodycopy menguatkan materi. Dominan pada poster trailer ini adalah pemilihan gambar yang kuat dengan pemilihan font yang berkarakter yang menjadikan visualisasi yang menawan.
Jika pematerinya banyak, bisa dijelasin materi yang akan dijelaskan oleh pematerinya, seperti gambar dibawah ini.
Poster dengan pemilihan judul yang relevan dengan kondisi saat ini. Judul straight forward langsung membidik ke ‘target’ peserta tanpa harus menggunakan bodycopy, seperti gambar dibawah ini. Pemilihan gambar menguatkan judul.
Poster trailer dalam bentuk cerita yang bisa menjadi konten, sekali dayung 2 terlewati. Semakin banyak konten seperti dibawah ini semakin peserta penasaran untuk mengikutinya dan jamaah bisa share konten ini, jika konten bagus akan menjadi viral, jika viral, maka akan banyak yang mendaftar.
Dibawah ini poster yang based on WHY dari target yang ingin dituju, yang artinya trailer mengambil point of view dari ‘target’ dengan konsep copy based atau mengandalkan tulisan tanpa memikirkan design yang bagus. Pastikan poster memiliki message yang kuat untuk bisa diterima oleh ‘target’.
Bagi kamu yang masih bingung, cobain deh konsep trailer yang sudah diterangkan diatas, sesuaikan dengan kemampuan team komunitasmu. Good luck