Dark Light

Dalam membuat design poster tidak harus memiliki kemampuan skill design, tetapi harus memiliki sense of art. Ada yang jago dalam membuat sebuah design dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop atau Ilustrator atau hebat menggunakan aplikasi Canvas yang terinstall di smartphone kita, dan harus kita pahami terlebih dahulu bahwa itu semua hanya sebuah alat.

Ada juga sebuah design yang bagus, tetapi tidak ada pesan yang ingin disampaikan alias kosong, hanya sebuah design semata atau kebalikannya ada yang bagus pesan yang ingin disampaikan tetapi designnya biasa saja. Yang paling ideal adalah butuh keduanya jika menginginkan secara maksimal. Jangan berkecil hati, yang sudah mahir dalam aplikasi design pertahankan dan naikkin level kemampuan kamu, bagi yang sudah cukup bisa dalam merumuskan sebuah pesan, pelajari ilmu design.

Oke dibawah ini yang kamu harus perhatikan dalam membuat design yang memiliki pesan, yuk dibaca dibawah ini.

  1. Judul / Headline
    Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam membuat judul adalah Pertama, mencari judul yang jelas, padat dan berisi, dapat dimengerti oleh target, spelling judul enak dibaca dan diucapkan, judul bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, judul bisa berirama akhiran yang sama, kalimat pada judul bisa panjang max 7 kalimat / pendek minimal 2 kalimat.

    Kedua, pemilihan karakter font yang sesuai dengan judul, pemilihan font ini bisa berdampak pada karakter dari poster yang ingin dibuat. semakin memilih font yang sesuai akan menjadi lebih menarik, dibandingkan menggunakan font yang umum digunakan. Banyak jenis font yang bisa digunakan. Jenis font terdiri dari:
    Serif (Berkaki); Times New Roman, Trajan Pro, Cambria, Century, Georgia, Perpetua Rockwell dan sebagainya. San-Serif (Tanpa Kaki); Arial (Reguler / Black / Rounded), Open Sans, Roboto, San Fransisco, Comic Sans MS, Calibri, Franklin Ghotic Book, Helvetica, Lucida Sans, Verdana dan lainnya. Script (Tulisan Tangan); Viviladi, Lucida handwriting, Segoe script dan lainnya. Slabserif, Hand Drawn, Comic, Stensil, Blackletter, Typewriter, Dekoratif, Pixel, Retro, Grunge.

    Note: Cara mencari font di google sangatlah mudah, tulis dengan kata kunci ‘the best font 2021‘ pilih yang sesuai, download font tersebut lalu install di komputer kamu, lalu gunakan.

    Dibawah ini adalah contoh poster yang bikin penasaran dari judul atau bodycopy ataupun gambar yang dipilih.
  1. Sub Judul / Bodycopy
    Bodycopy adalah penguatan makna dari sebuah Headline, jika judul / headline belum cukup kuat men-deliver-kan sebuah pesan, maka diperlukan bodycopy untuk menguatkan dari pesan yang ingin disampaikan. Kebanyakan poster design hanya sebatas sebuah judul semata, cukup poster dengan sebuah headline, design diharapkan sudah siap tayang.

    Ada case dimana sebuah headline tidak perlu lagi bodycopy, jikalau headline tersebut sudah loud and clear, seperti contoh yang diatas. Bodycopy tidak harus panjang, cukup 2 baris sudah bisa mewakili pesan yang kuat. Bisa juga bodycopy bisa menyampaikan pesan tanpa perlu judul/headline. Case seperti ini sebaiknya digunakan sebagai teaser.
  1. Pembicara
    Pembicara adalah salah satu alasan kuat bagi peserta ingin mendaftar. Lalu bagaimana jika pembicara belum dikenal? apa yang harus dilakukan? Caranya mudah bangun edifikasi pembicara dengan menjelaskan profile pembicara se-compact mungkin, tidak perlu basa-basi tetapi jelas sehingga peserta dapat dengan mudah mengetahui.

    Jika pembicara mempunyai account instagram / youtube mentionkan ke account pembicara atau beritahukan link youtubenya supaya peserta dapat dengan mudah mencari tahu tentang profile tersebut di caption.

    Atau ada cara yang lain, yaitu dengan konsep kolaborasi, men-tendem-kan pembicara yang belum dikenal dengan pembicara yang sudah dikenal. Hal ini bisa memiliki impact kepada audience. Edifikasi bisa dalam gambar ataupun video, seperti contoh dibawah ini.
Edifikasi Profile Pembicara menggunakan video
  1. Registrasi Link dan No Telp
    Ini disebut juga dengan Call to Action (CTA), apapun posternya poin ini paling penting, Gunakan CTA ini menggunakan bit.ly supaya lebih mudah dan singkat. Tidak disarankan menggunakan bit.ly masih panjang dalam penamaannya, selain itu gunakan huruf keci / huruf besar semuanya sebagai contoh:
    1. bit.ly/TheDayAfterYouDie (tidak disarankan)
    2. bit.ly/DAYDIE (disarankan)


  2. Waktu
    Poin ini menandakan bahwa pemberian waktu sangatlah penting untuk audience, karena audience bisa memprediksikan atau menjadwalkan atau menyesuaikan waktu mereka masing-masing. Gunakan hari dan tanggal beserta jam.

    Bagaimana jika banyak sesi? silahkan dijabarkan setiap sesinya di bagian caption atau bisa menggunakan gambar, sedangkan hari dan tanggal yang ada di poster adalah hari dan tanggal event pertama berlangsung. Dibawah ini contoh design dengan menampilkan sesi beserta tanggal event tersebut.

Lalu bagaimana dengan gambar / background?
Untuk pemilihan gambar disarankan harus related / berhubungan dengan judul dengan kualitas gambar yang bagus, jika mengambil gambar dari Google yang harus diperhatikan adalah gambar tersebut gratis atau diperbolehkan untuk digunakan dan kualitas harus besar dengan minimal 1024 pixel. Untuk mendapatkan gambar dengan resolusi besar di google adalah:
1. Tulis nama gambar yang ingin dicari di mesin pencari Google
2. Klik tab Images
3. Klik Tools
4. Klik Size – Large
5. Plih gambar yang diinginkan, lalu klik alamat website (pastikan image tidak mengandung copyright)
6. Klik kanan pada mouse, lalu klik Save Image As.. atau pilih Open Images In New Tab
7. Save, open folder download.

Saran dari kami supaya terhindar dari gambar copyright, kami merekomendasi cari gambar gratis / berbayar seperti link dibawah ini:
1. Freepik
2. Pexels
3. Unsplash
4. Shutterstock
5. Getty Images

Bagaimana dengan penempatan logo?
Penempatan logo komunitas disepakati oleh komunitas sendiri, yang paling penting adalah konsistensi, jika memilih logo di atas kanan/kiri, berarti mau poster apapun, logo tetap bertengger di posisi tersebut.

PENTING: Kaidah orang melihat sebuah design adalah melihat dari kiri ke kanan dan membaca dari atas ke bawah.

Yuk upgrade design postermu dengan menerapkan 5 poin diatas. Dan jangan lupa setelah posting mention ke @mosfeed_id yaa.

Related Posts