Dark Light

Sedikit lagi finish line, pembahasan kali ini seputar dengan ‘seberapa besar komunitasmu merangkul (bonding) jamaah?’ Apa yang dirasakan jamaah setelah mengikuti event? jamaah terpuaskan? tercerahkan? atau berakhir dengan ucapan ‘Jazakallah khoir team panitia’? Semua ini benar apa adanya, karena seluruh panitia sudah bersusah payah untuk kelancaran acara tersebut. Tapi ada yang missing yang sebagian komunitas melupakan hal-hal yang jarang dilakukan, antara lain:

(4) Engagement
Current Condition:

  1. Tanya jawab dibatasi oleh panitia event / kajian. Setelah kajian selesai ada sesi bertanya dan sesi bertanya ini dibatasi hanya 3-5 pertanyaan, sedangkan pertanyaan yang lainnya tidak sempet dibacakan dikarenakan waktu sesi tanya jawab dibatasi waktunya. Penasaran jamaah akan sebuah jawaban dari pertanyaan tidak terfasilitasi. Hal ini berdampak kepada jamaah, pada next kajian, jamaah tidaklah kritis / ingin bertanya kembali, karena belum tentu pertanyaannya dijawab.

    Suggestion:
    Sebisa mungkin seluruh pertanyaan dijawab, walaupun singkat jawabannya. Dengan cara menunjuk salah satu siapa yang ingin bertanya. Pertanyaan tidak menggunakan kertas / text, tetapi langsung bertanya. Hal ini memungkinkan tidak ada pertanyaan tersisa setelah event / kajian selesai.

  2. Pertanyaan yang tidak dijawab oleh pembicara. Beberapa komunitas memberikan keleluasaan jamaah dalam membuat pertanyaan yang kemudian panitia tetap harus sorting beberapa pertanyaan.

    Suggestion:
    Pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh pembicara, sebaiknya ditampung oleh komunitas, yang kemudian hari setelah event selesai, Pertanyaan yang belum terjawab itu bisa terjawab melalui fitur yang ada di Mosfeed. Komunitas harus berkordinasi dengan pembicara untuk menyelesaikan pertanyaan jamaah yang belum selesai, pembicara bisa menjelaskan via voicenote yang diterjemahkan dalam text dan kemudian dimasukkan ke fitur Data Pertanyaan Peserta di admin Mosfeed.

    Setelah semua pertanyaan dijawab, maka komunitas memberikan informasi kepada peserta bahwa seluruh pertanyaan sudah terjawab dan bisa di akses di tombol Question di menu Activity. Semua kemudahan sudah terfasilitasi di Mosfeed.

  3. Komunitas berkutat hanya sebatas membuat sebuah event / kajian saja. Jangan menjadikan peserta sebagai komoditas event, melainkan harus menciptakan mutualisme.

    Suggestion:
    Jika event terdapat sebuah gimmick hadiah, maka komunitas haru dengan cepat mengirimkan / memberikannya langsung kepada jamaah yang mendapatkannya, jangan ditunda, karena akan mengakibatkan sebuah ketidakpercayaan kepada komunitas. Impact hal yang kecil ini (respon dengan cepat) akan memberikan sebuah values dengan terciptanya word of mouth (membicarakan kelebihan acara tersebut ke khalayak orang banyak dan berdampak ke branding komunitasnya).

Langkah berikutnya, silahkan membaca Perilaku Jamaah Saat Mendaftar Kajian (Part 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts