Bagi komunitas penting mengetahui perilaku jamaah saat mendaftar kajian, hal ini untuk bisa menciptakan momentum pada event yang sedang diselenggarakan. Dari analisa yang kami temukan ada 5 step yang harus diketahui dengan baik sebagai penyelenggara event / kajian, terdiri dari:
(1) Publikasi
Current Condition:
- Jarak publikasi / poster event dengan tanggal event jaraknya berdekatan dekat, misal; hari ini memposting poster event, 3 hari kemudian event berlangsung. 3 hari untuk mempromosikan event tersebut sangatlah terlalu cepat untuk menjangkau banyak jumlah peserta yang mendaftar.
Suggestion:
Jarak antara publikasi dengan event berlangsung memiliki waktu yang cukup, minimal 2 minggu atau 14 hari. Target peserta mendaftar dipengaruhi jumlah waktu publikasi, semakin lama waktu publikasi, semakin banyak kemungkinan bertambahnya peserta mendaftar. - Tidak setiap orang selalu membuka social media 24 jam, komunitas harus mengetahui jam produktif untuk publikasi poster di social media.
Suggestion:
Dalam analisa kami, orang sering melihat social media di sela jam produktif, seperti diantara jam 06.00 – 08.00, 11.00 – 14.00, 18.00 – 21.00. Di jam tersebut waktu yang tepat untuk mempublikasikan poster kajian. Waktu yang paling banyak orang akses social media di jam 18.00 – 21.00 atau disebut prime time. - Ketertarikan jamaah pada suatu event tidak terlepas dari Judul / Tema kajian, siapa pembicaranya (ustadz/ustadzah) dan juga poster design kajian.
Suggestion:
Dalam kaidah sebuah design, durasi orang saat melihat design kita tidak lebih dari 5 detik. Di waktu itulah tantangan oleh team design untuk meramu poster yang memukau, jelas dan dimengerti. Elemen dalam sebuah design tidak lepas dengan gambar yang relevan dengan tema, pemilihan bentuk font, kejelasan informasi dan juga ada call to action (link pendaftaran dengan menggunakan bit.ly untuk memudahkan orang dalam mengingat) - Minimnya informasi yang dipublikasikan, kurangnya jumlah followers dan terbatas channel publikasi tertentu.
Suggestion:
Kita ketahui bahwa channel publikasi saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, grup Whatsapp / Telegram yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Untuk mendapatkan awareness diluar followers atau channel yang dimiliki oleh komunitas, disarankan mengikuti How To Increase Viewers at Mosfeed
Langkah berikutnya, silahkan membaca Perilaku Jamaah Saat Mendaftar Kajian (Part 2)