Sesuai dengan judulnya adalah bagaimana menaikkan jumlah peserta / jamaah yang melihat event kita?. Rumus sederhananya adalah semakin banyak yang melihat poster event, semakin kemungkinan peserta / jamaah akan mendaftar.
Yuk disimak cara-caranya, kita kelompokkan menjadi 3 cluster besar, yaitu Effortless, Need More Spark dan Do The Best You Can Do
Easy – Effortless:
- Memposting setiap hari poster / teaser dalam format gambar ataupun video ke Instagram Story dan gunakan swipe up (jika ada).
- 0Posting konten di instagram/facebook yang berhubungan dengan event kajian dengan Call to Action di akhir caption.
- Posting konten teaser video di channel youtube dengan Call to Action di akhir caption.
- Jika keynote speaker / ustadz lebih dari satu, ajakan dari setiap ustadz untuk mempromosikan event/kajian tersebut dan post di instagram/facebook dengan Call to Action di akhir caption.
- Memviralkan poster event melalui whatsapp / telegram group di berbagai group komunitas.
Lesson Learn: 1. Selalu gunakan Call to Action (CTA), sebuah ajakan / seruan dalam bentuk text yang singkat dan padat dan mengarahkan link pendaftaran ke Mosfeed menggunakan bit.ly (shortlink) di akhir caption. 2. Dipastikan link bit.ly mengarahkan ke poster event Mosfeed, tidak disarankan untuk ada 2 pendaftaran, di Mosfeed atau di google form, yang akan mengakibatkan peserta / jamaah akan bingung dalam hal pendaftaran. 3. Jika ada jamaah yang ‘gaptek’ tetap diarahkan oleh admin komunitas untuk dipandu dalam mendaftar di Mosfeed (menciptakan kebiasaan baru).
Medium – Need More Spark:
- Lakukan langkah pada Easy – Effortless
- Melakukan Instagram Live dalam bentuk bincang-bincang / tanya jawab / membahas tema tertentu dan diakhiri dengan Call to Action
- Komunitas membuat tutorial pendaftaran, join group event, akses livestreaming/barcode, cara membelikan tiket untuk orang lain dan juga ajak teman di mosfeed.
Lesson Learn: 1. Pada poin 2 ini biasa disebut dalam dunia branding dengan tactical campaign, strategi ini sebagai percikan dan juga repeating information yang dikemas dalam bentuk engagement 2. Pada poin 3 adalah mengedukasi The New Habits, di awal akan ada usaha lebih yang harus dilakukan oleh admin komunitas, tetapi setelah 2-3x event/kajian, jamaah akan terbiasa dengan cara yang baru, dan komunitas tinggal fokus di konten acara. Paling mudah dalam mengedukasi adalah dengan membuat tutorial / panduan.
Advance – Do The Best You Can Do:
- Lakukan langkah pada Medium – Need More Spark
- Menggunakan influencer yang memiliki follower yang lebih dari 1K
- Dibantu oleh event besar, seperti Hijrahfest atau Muslim United atau komunitas muslim besar lainnya.
- Menggunakan Instagram / Facebook Ads (jika memiliki budget advertising)
Lesson Learn: Poin 3 dan 4 tentang how to connect with others community, koneksikan event/kajian dengan komunitas yang besar untuk mendapatkan jamaah yang lebih luas.
Catatan terakhir:
- Perilaku jamaah salah satunya, tidak selalu membuka instagram / facebook setiap hari, jadi komunitas harus sering kasih informasi di Instagram Story
- Perilaku jamaah tidak selalu merespon langsung saat blast informasi di WA Group, terkecuali mendapatkan judul event/kajian yang sesuai dengan kondisi hati jamaah.
- Gunakan kalimat yang short but meaningful dan mengikuti kaidah yang pernah disampaikan; Judul/headline yang monohok, pembicara/ustadz yang spesialist dipembahasannya judul tersebut dan design yang memukau.
- Analisa setelah kajian berakhir, untuk bisa memberikan dampak di event/kaijan selanjutnya.